«

»

Apr 06

PEMKAB PESISIR BARAT GELAR KEGIATAN TEMU LAPANG TANAM PADI

Diskominfo – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, melalui Dinas Pertanian menggelar kegiatan temu lapang tanam padi bersama dalam Musim Tanam (MT) II, di Pekon Waysindi Hanuan Kecamatan Karya Penggawa, Jumat 06 April 2018. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Pesibar, Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H., Dandim 0422 Lampung Barat (Lambar), Letkol. Kav. Adri Nurcahyo, S.T., Perwira Penghubung (Pabung) Pesisir Barat, Mayor. Inf. Iharawarsa, Kepala Distan, Ir. Jalaludin, M.P., para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bupati Pesisir Barat menyampaikan bahwa pembangunan pertanian tanaman pangan mempunyai peranan penting dalam rangka mewujudkan stabilitas pangan nasional, sehingga harus dilanjutkan secara berkesinambungan. “Dalam pelaksanaan di lapangan, kita selalu saja dihadapkan pada permasalahan klasik, untuk itu diperlukan persamaan persepsi, serta keterpaduan teknologi dan sinkronisasi teknis program/kegiatan dalam rangka membangun pertanian kearah yang lebih baik,” ungkapnya.

disampaikan juga kepada dinas terkait supaya untuk selalu berupaya keras untuk menjaga stabilitas kecukupan dan ketersediaan pangan bagi masyarakat dengan jalan meningkatkan hasil-hasil produksi pertanian terutama padi. Dalam rencana kerja pemerintah, ketahanan pangan termasuk salah satu prioritas, mengingat jumlah penduduk semakin meningkat tentunya kebutuhan pangan juga semakin meningkat, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa ketersedian lahan terutama lahan sawah yang justru semakin sempit. Dengan adanya alih fungsi lahan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat tentunya menghadapi tantangan dalam memenuhi ketersediaan bahan pangan dimaksud oleh karna itu dibutuhkan kesamaan persepsi, keterpaduan teknologi dan sinkronisasi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat dengan para petani demi terwujudnya ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Di Kabupateni Pesisir Barat sendiri ketersediaan area persawahan berdasarkan data Tahun 2017 yakni 8.458 H dengan rata-rata produktivitas 5,04 ton /H. Oleh karena itu jika potensi tersebut terus dikelola dengan baik dan ditambah dengan pengetahuan teknologi tentang budidaya yang baik, maka target pemerintah untuk terus meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Pesisir barat diprediksi akan tercapai. “Perlu diketahui bersama bahwa saat ini pelaporan Luas Tambah Tanam (LTT) padi dilakukan setiap hari guna untuk memonitor pertambahan tanaman padi sehingga kita dapat memprediksi waktu panen dengan tepat. hal tersebut dapat diketahui melalui ketersediaan gabah untuk setiap waktu panen dengan target LTT dari hasil panen periode sebelumnya. Luas Tambah Tanam (LTT) Pesisir Barat pada bulan Oktober 2017 – bulan Maret 2018 telah mencapai 111,34 persen.

Dengan angka tersebut disimpulkan Pesisir barat surplus tanaman padi, semoga dengan tercapainya target LTT maka tercukupi pula ketersediaan pangan, khususnya padi. Selanjutnya bupati mengatakan, dengan suksesnya target LTT periode ini, beliau meminta agar semua pihak jangan cepat merasa puas. Justru hal tersebut untuk dijadikan motivasi supaya kedepan produksi hasil padi semakin meningkatkan. Diharapkan target tanam padi dibulan April- September 2018 dapat mencapai target maka kita akan semakin dekat dengan cita-cita nasional yaitu Indonesia swasembada pangan.

Pihaknya pun menyadari bahwa mewujudkan hal tersebut tidak bisa bekerja sendiri, namun harus didukung oleh instansi terkait, seperti irigasi dan jaringannya oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), pemasaran oleh Dinas Koperasi UKM Industri dan Perdagangan (Diskop UKM Indag), permodalan dari lembaga keuangan (perbankan) sedangkan sarana dan prasrana lainnya dapat difasilitasi oleh pemerintah. Dengan tersedianya sarana dan prasarana tersebut tentunya dibutuhkan juga dukungan dari Sumber Daya Manusianya itu sendiri. (diskominfo pesisir barat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*