«

»

Agu 17

BUPATI PESISIR BARAT LEPAS KARNAVAL UNTUK MEMERIAHKAN HUT RI KE 72

Pesisir Barat – Ribuan pelajar dan warga Kabupaten Pesisir Barat, berarak-arakan memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUTRI) ke-72 Tahun 2017, Kamis (17/8). Mengenakan beragam perlengkapan untuk menggambarkan Bhineka Tunggal Ika, mereka berkarnaval memadati Jalan Kesuma, Lintas Barat, Kecamatan Pesisir Tengah sejak pukul 13.00 WIB.

Sebanyak 50 regu karnaval dengan masing-masing peserta mencapai 500 orang per-regu, berjalan secara tertib dan menunjukkan atraksi sesuai tema yang disuguhkan. Mulai dari pakaian adat, pakaian profesi, organisasi dan adat istiadat seluruh Indonesia, tergambarkan dalam karnaval yang diselenggarakan melalui Inspektorat Pesisir Barat tersebut.

petugas lalulintas gabungan dari jajaran Polres Lampung Barat, Polsek Pesisir Tengah,

Sat.Pol-PP Pesisir Barat dan Dinas Perhubungan sudah mengalihkan serta menggunakan buka tutup jalan lintas barat, namun kemacetan lalu lintas tak

terelakan. Deretan kendaraan baik roda dua dan roda empat hinga sekitar dua kilo meter. Kemacetan kendaraan yang menumpuk serta saling berlawanan arah membuat sulit petugas mengurai dan mengatur lalu lintas hingga peserta selesai menempuh rute sekitar tiga kilometer dengan waktu tempuh sekitar empat jam.

Rombongan peserta Karnaval pertama dari regu SDN 1 Pasar Krui dengan jumlah peserta sekitar 450 orang dilepas oleh Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal didampingi Wakil Bupati Erlina, Ketua TP-PKK Septi Istiqlal, Ketua Dharmawanita, Komala Helda dan pejabat lainnnya, menyaksikan dan melepas sebanyak 50 regu secara keseluruhan hingga peserta terakhir dari regu Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat. Sementara disampaikan Koordinator kegiatan, Edy Muhtar yang merupakan Inspektur Kabupaten Pesisir Barat, bahwa sebelumnya  pembukaan Karnaval sudah dibuka sejak 8 Agustus dan ditutup pada 14 Agustus.

“Namun pada waktu pelaksanaan, regu yang mendaftar terus bertambah hingga mencapai 50 regu baik tingkat sekolah dasar, menengah dan atas serta regu organisasi, SKPD dan umum,” jelas Edy, kepada harianlampung.com.

Peserta karnaval dibagi menjadi tiga kelompok terdiri dari , kelompok taman kanak kanak (Tk) dan sekolah dasar (SD),  kelompok sekolah lanjutan tingkat pertama atau sederajat SLTP dan SLTA,  kelompok umum terdiri dari organisasi masyarakat , organisasi profesi, organisasi pemerintah daerah (OPD), BUMN, dan instansi vertikal di Kabupaten Pesisir Barat.

Rute yang dilalui, start dari simpang Pahmung dan finish di Labuhanjukung.  Unsur penilaian dari tampilan awal (start) dan akhir (finish). Sajian selama perjalanan , kekompakan, kerapian dan kedisiplinan kontingen.

“Dalam kegiatan ini, panitia menyiapkan hadiah uang pembinaan, tropi 123, dan piagam. Semua rangkaian kegian ini adalah sebagai bentuk partisilasi untuk mengisi kemerdekaan HUTRI ke-72. Dan Allhamdulliah, antusias masyarakat dan peserta sangat luar biasa sehingga memadati sepanjang Jalan Kesuma, Lintas Barat,” papar Edy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*