«

»

Jun 01

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

Pesisir Barat –  Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila. Upacara dilaksanakan di Lapangan Merdeka Labuhan Jukung. Kamis 01/06
Bertindak sebagai Inspektur upacara Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina dan Komandan upacara Kabid tibum satpol pp Cahyadi Muis.
Wakil Bupati Erlina, membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia mengatakan upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersarukan kita.

Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indinesia adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miagas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah kebhineka tunggal ika-an kita.
Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus kita lakukan. Telah diundangkan peraturan presiden nomor 54 tahun 2017 tentang unit kerja presiden pembinaan ideologi pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintergrasi dengan program-program pembangunan. Pengetasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraandan berbagai program lainnya, menjadi integral dari pengamalan nilai-nilai pancasila. Tutup Wakil Bupati Erlina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*