«

»

Mei 24

KABUPATEN PESISIR BARAT BERI MAKANAN TAMBAHAN PADA ANAK SEKOLAH

Pesisir Barat – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat memberikan makanan tambahan anak sekolah (PMT-AS) berbahan dasar ikan kepada anak usia sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat itu untuk meningkatkan meningkatkan asupan gizi  bagi anak usia sekolah sekaligus meningkatkan minat konsumsi ikan. Kegiatan PMT-AS yang dipusatkan di SDN Waysuluh, Pekon Waysuluh, Kecamatan Krui Selatan, dihadiri Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat, Septi Istiqlal bersama Asisten II Bidang Administrasi Umum, Husni Aripin, pada Rabu (24/5).

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perikanan, Hasnul Abror, mengatakan kegiatan ini untuk mengenalkan sejak dini manfaat dan pentingnya mengkonsumsi makanan yang bersumber dari ikan. Apalagi, wilayah yang memiliki garis pantai 210 kilometer itu, potensi ikan berlimpah.

“Hari ini kita memberikan bantuan makanan tambahan yang berbahan dasar ikan seperti bakso,  nugget, somai, abon dan empek-empek yang terbuat dari somai, serta dipastikan jajanan yang sehat, bergizi dan aman untuk kesehatan dan pertumbuhan anak,” papar Abror.

Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat memberikan makanan tambahan kepada sekitar 500 siswa anak dari lima sekolah dasar yang ada di Kecamatan Krui Selatan. Yakni SDN Waysuluh, SDN Waynapal, SDN Balaikencana, SDN Bina Islami, dan SDN Padanghaluan.

“Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan sebuah penegasan bahwa sangat pentingnya masyarakat mengkonsumsi ikan, khususnya anak usia sekolah yang masih dalam masa pertumbuhan sangat baik untuk mengkonsumsi olahan ikan serta menghindari jajanan yang tidak bermanfaat apalagi yang berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan otak anak,” papar Abror.

Sementara, Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat, Septi Istiqlal, mengatakan kegiatan memberikan makanan tambahan untuk siswa sekolah yang sehat dan bergizi merupakan hal penting. Kegiatan ini diharapkan bukan hanya seremonial, melainkan terlaksana di lingkungan sekolah, rumah dan ditempat-tempat lainnya.

“Anak siswa sekolah sangat sering ditemukan mengkonsumai makanan yang kurang sehat bahkan berbahaya bagi pertumbuhan fisik dan otaknya, sehingga peran dewan guru di sekolah sangat penting dengan cara menyajikan dan menjual makanan-makanan yang sehat serta bermanfaat untuk perkembangan generasi penerus kita,” ungkap Septi.

Peningkatkan asupan gizi sangat penting bagi anak usia sekolah. Dengan asupan gizi yang seimbang, anak akan tumbuh dan berkembang optimal. Selain itu juga perlu didukung perubahan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga dapat mendorong minat dan kemampuan belajar anak.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa ikan merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki nilai gizi yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Sebagai sumber protein hewani yang mengandung asam amino dan kadar lisin cukup tinggi, protein ikan diyakini dapat meningkatkan ketahanan tubuh,” jelasnya.

Namun demikian, banyak dari kita yang belum sepenuhnya menyadari akan pentingnya mengkonsumsi protein hewani bersumber dari ikan.  Untuk itu, perlu kiranya dilakukan upaya yang sistematis dan terstruktur guna mendorong dan mewujudkan budaya mengkonsumsi ikan beserta aneka olahannya dalam masyarakat.

Budaya makan ikan ini tentu saja harus ditanamkan kepada seluruh lapisan masyarakat, utamanya pada anak-anak usia dini agar mengenal dan mengetahui akan manfaat protein hewani asal ikan, sehingga diharapkan pada akhirnya secara lambat laun akan tertanam pemahaman dan terwujud budaya yang baik dalam pola makan dan konsumsi ikan.

Pemberian makanan tambahan untuk anak sekolah merupakan salah satu bagian dari peran Dinas Perikanan, Tim Penggerak PKK dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dalam mensosialisasikan, memperkenalkan dan menyebarluaskan produk makanan olahan berbahan baku ikan sehingga mendorong anak-anak untuk lebih menyukai makanan olahan ikan, pungkas Septi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Pesisir Barat, menyerahkan secara simbolis makanan tambahan yang berbahan dasarkan ikan kepada siswa yang hadir pada kegiatan tersebut.

Sebelum kegiatan berakhir, para pejabat yang hadir sempat memberikan kuis terhadap siswa dan memberikan hadiah bagi yang benar dalam menjawab pertanyaan seputar ikan dan potensi yang ada di Pesisir Barat.

2 comments

  1. Adit

    Kepada Yth Admin.
    Mau Kirim Email kemana ya min?
    Perihal Undangan Via Email Ke SKPD Kabupaten Se-Pesisir Barat.
    Terima Kasih

    1. admin

      kirimkan ke humaskpb@yahoo.co.id
      terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*