«

»

Mei 23

DISNAKERTRANS KABUPATEN PESISIR BARAT SERAHKAN BANTUAN KEPADA MASYARAKAT

Pesisir Barat – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pesisir Barat menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat usai mengikuti pelatihan menjahit dan perbengkelan.

Kegiatan yang dipusatkan di SMPN 3 Krui, Selasa (23/5), tersebut dihadiri Bupati Pesbar Agus Istiqlal, Kadisnakertrans Kasmir, dan peserta pelatihan yang berasal dari seluruh kecamatan di Pesisir Barat.

Pada kesempatan itu, Agus Istiqlal menyampaikan, untuk mempercepat penanggulangan pengangguran, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat, selesai melaksanakan program peningkatan kualitas dan produktivitas bagi tenaga kerja melalui kegiatan pelatihan dan keterampilan.

“Pelatihan ini diharapkan bisa menciptakan kader-kader wirausaha baru atau pengusaha pemula yang berkualitas, produktif dan beretos kerja tinggi sehingga upaya perluasan kesempatan kerja melalui kegiatan wirausaha dapat dilaksanakan dan dikembangkan oleh masyarakat secara  mandiri dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Dia menyebutkan data statistik, di Kabupaten Pesisir Barat terdapat 19.893 angkatan kerja yang tersebar di berbagai bidang maupun yang masih pengangguran.

“Program-program peningkatan kualitas dan produktivitas bagi tenaga kerja diharapkan dapat mengurangi penganguran,” harapnya.

Bupati mengimbau kepada peserta penerima bantuan program pelatihan keterampilan dapat memanfaatkan bantuan dengan baik. “Semoga bantuan ini dapat membentuk tenaga kerja yang mandiri sebagai bagian dari pelaksanaan program penciptaan lapangan kerja baru,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadisnakertrans Kasmir menyampaikan, masing-masing peserta yang mengikuti pelatihan menjahit dan perbengkelan itu, berhak mebawa pulang seluruh peralatan yang mereka gunakan selama pelatihan.

“Bagi ibu-ibu kelas menjahit, yang berjumlah 20 orang akan mendapatkan mesin jahit. Begitu juga peserta perbengkalan akan mendapatkan seperangkat tools boks, yang bisa digunakan sebagai modal awal mebuka usaha.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga memberikan bantuan peralatan kuda kepang dan pralatan mawalan bagi sejumlah kelompok dan paguyuban yang ada di Pesisir Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*