«

»

Mei 05

KABUPATEN PESISIR BARAT AKAN DIRIKAN BUMD

Pesisir Barat – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat akan mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Untuk ini, digelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Naskah Akademik BUMD yang dipusatkan di Gedung Wanita Pemkab setempat, Jumat (5/5), sekitar pukul 10.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, Sekdakab Azhari, Asisten 2 Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kehumasan Syamsu Hilal, LPPM Unila Ayi Ahadiat, ormas, pelaku usaha setempat, dan unsur forkopimda Pesisir Barat.

Pada kesempatan itu, Bupati Agus Istiqlal mengatakan pemerintah daerah memiliki kewenangan mendirikan BUMD yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000. Dasar hukum lainnya yaitu UU Nomor 5 Tahun 1962 tentang Perusahaan Daerah.

“Pembentukan BUMD bertujuan melaksanakan pembangunan daerah melalui pelayanan jasa kepada masyarakat, penyelenggara kemanfaatan umum dan peningkatan penghasilan pemerintah daerah,” ujarnya.

Karena itu, FGD digelar untuk mengidentifikasi segala keunggulan dan kelemahan dari suatu proyek yang biasa dikenal dengan Analisis SWOT. “Hal ini untuk membahas strategi dan evaluasi berbagai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu bisnis,” jelasnya.

Dan dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat senantiasa berusaha memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui program, diantaranya, pertama memberikan sumbangsih pada perekonomian nasional dan penerimaan kas negara; kedua mengejar dan mencari keuntungan untuk pemenuhan hajat hidup orang banyak; ketiga merintis berbagai program bagi mereka yang telah menjalankan usaha kecil dan menengah.

“Untuk mewujdkan ketiga program itu, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat akan membetuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yang pengelolaannya akan dilakukan secara bersama antara pemerintah daerah, masyarakat, dan pihak swasta,” kata dia.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekdakab Azhari, Asisten 2 Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kehumasan Syamsu Hilal, LPPM Unila Ayi Ahadiat, ormas, pelaku usaha setempat, dan unsure forkopimda Pesisir Barat.

 

1 comment

  1. Zainal Adilien, Dipl.Ing.

    Kami, Pintra Engineering siap bekerjasama dengan BUMD dalam mewujudkan pembangunan 5MW renewable power plant, untuk mensejahterakan masarakat Kabupaten Pesisir Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*