«

»

Sep 29

PESISIR BARAT ADAKAN LOMBA CIPTA MENU B2SA

Pesisir Barat- Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, Aman (B2SA) Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2016 diikuti  oleh 31 peserta yang berasal dari SKPD dan kecamatan.

Lomba cipta menu berbasis sumber daya lokal yang di diadakan oleh Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Pesisir Barat, dipusatkan di Gedung Serba Guna selalaw, Kamis (29/9).

Pada acara tersebut diperlombakan empat kategori lomba yaitu Kategori Umum, Kategori Kreasi Menu Seimbang dan Beragam, Kategori Kreasi Pengembangan Resep dan Cita Rasa, dan Kategori Kreasi Penampilan, Penyajian Menu dan aplikatif.

Kegiatan lomba cipta menu tersebut selain dihadiri Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, Ketua PKK Pesisir Barat, Septi Istiqlal, juga dihadiri Pj.Ketua Darma wanita Pesisir Barat, Helda Wati Azhari, Asisten Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Syamsu Hilal, para kepala SKPD dan pengurus TP.PKK Pesisir Barat dan Darma Wanita.

Disampaikan, Kepala BP2KP Pesisir Barat, Armen Qodar, atas diselenggarakannya lomba cipta menu ini merupakan salah satu upaya dalam rangka menggali potensi, mengembangkan kreatifitas dalam menciptakan menu, mengangkat citra dan martabat pangan lokal, menambah nilai tambah, dan memasyarakatkan pangan lokal di daerah yang sesuai dengan potensi sumber daya wilayah.

“Ketersediaan pangan kita yang cukup belum tentu dapat menjamin terhindarnya penduduk dari masalah pangan dan gizi. Selain ketersediaannya, perlu diperhatikan aspek pola konsumsi rumah tangga atau keseimbangan kontribusi jenis pangan yang dikonsumsi, sehingga memenuhi standar gizi yang dianjurkan,” papar Armen.

Sementara disampaikan, Ketua TP.PPK Pesisir Barat,v Septi Istiqlal,  Pangan lokal yang beragam, bergizi,  seimbang dan aman adalah merupakan makanan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang antara kelompok pangan berdasarkan cita rasa, daya cerna dan daya beli masyarakat serta aman untuk dikonsumsi.

“Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi maupun gerakan secara terus menerus oleh setiap instansi terkait agar dapat memotifasi kesadaran masyarakat untuk dapat mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal,” ungkap Septi.

Selanjutnya, Septi menyampaikan, pola konsumsi pangan sehat perlu disosialisasikan kepada masyarakat untuk menumbuhkan atau meningkatkan kesadaran terhadap, pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Serta mendorong kreatifitas masyarakat pada umumnya ibu-ibu rumah tangga, khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun, dan menciptakan menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman sesuai potensi sumberdaya lokal,”pungkasnya.

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, dalam sambutannya sekaligus membuka langsung perlombaan cipta menu tersebut, mengajak mengajak kepada seluruh ibu-ibu peserta setelah mengikuti lomba cipta menu beragam, bergizi, sehat dan aman tahun 2016 ini, untuk dapat lebih kreatif lagi dalam menciptakan dan menyajikan menu makanan bagi keluarga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu Beragam, bergizi, seimbang dan aman.

” Dan saya mengajak kepada peserta untuk mensosialisasikan keanekaragaman pangan kepada masyarakat sekitar dengan cara mensubtitusikan variasi produk lokal guna mendukung proses tercipta nya ketahanan pangan masyarakat,” pungkasnya.

5 comments

Lompat ke formulir komentar

  1. levitra

    Inclusive Poop About this offering

  2. canadian pharmacy

    General Information About this artifact std fatigue

  3. canadian pharmacy

    Inclusive Poop Around this offering heat stroke and exhaustion

  4. download mp3 takbiran nonstop

    terbaru dan terlengkap,, selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin

  5. Richardspady

    Nicely put. Thanks!
    canadianpharmaciesbnt.com
    canadian pharmacy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*